Langsung ke konten utama

6 cara mencegah bau badan membandel

6 cara mencegah bau badan membandel

6 cara mencegah bau badan membandel
6 cara mencegah bau badan membandel
Bau badan adalah masalah kulit umum yang dihadapi banyak orang. Sayangnya, bau badan tidak hanya berbahaya bagi orang yang menciumnya, tetapi juga dapat mengganggu orang di sekitarnya. Banyak orang tidak menyadari mereka memiliki masalah bau badan. Faktanya, kebanyakan orang baru menyadari masalah ini setelah diberitahu oleh orang lain. Penting untuk mengenali penyebab bau badan sejak dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

1. Tubuh terlalu gemuk
Orang gemuk memiliki risiko masalah bau badan lebih tinggi dibandingkan orang kurus. Hal ini karena lemak menumpuk di dalam tubuh, membentuk lesung pipit yang mudah berkeringat, menimbulkan panas, lembab, dan sulit dibersihkan. Selain itu, bagian tubuh yang tersusun dari lemak yang menumpuk juga berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Untuk menghindari penyebab tunggal bau badan ini, penderita obesitas sebaiknya lebih sering membersihkan badan dan mengganti pakaian. 

2. Infeksi kulit
Jangan anggap remeh infeksi yang terjadi di permukaan kulit. Sebab, jika tidak diobati, infeksi tersebut bisa menghasilkan keringat yang mengandung urea berlebih. Akibatnya, Anda berisiko mengalami bau badan. Mulailah mengobati infeksi kulit dengan hati-hati untuk meminimalkan risiko bau badan. 

3. Racun Visceral
Racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa berasal dari berbagai hal, seperti makanan, polusi udara, dan penggunaan obat dalam jangka panjang. Ketika tubuh tidak mampu membuang racun, racun disimpan di berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati, dan organ pencernaan. Akumulasi racun menyebabkan penyumbatan hati dan usus besar, menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Penyebab bau badan ini bisa diatasi melalui detoksifikasi secara rutin. 

4. Pola makan yang buruk
Hanya sedikit orang yang tahu bahwa pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan bau badan. Tubuh membutuhkan seng dan magnesium untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan mengurangi risiko bau badan. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, Anda perlu mengonsumsi beragam makanan dalam porsi yang seimbang. Namun, Anda juga harus menghindari makan makanan dengan bau yang kuat. Makanan tertentu seperti bawang bombay, keju, domba dan kandungan kafeinnya berpotensi menimbulkan bau badan jika dimakan berlebihan.

5. Malas menjaga kebersihan tubuh
Mandi secara teratur tidak hanya membantu Anda merasa segar. Terlebih lagi, Anda juga akan terhindar dari risiko bau badan. Jika Anda jarang mandi, tubuh akan basah oleh keringat dan memicu perkembangbiakan mikroorganisme secara cepat. Mikroorganisme tersebut akan menghasilkan bau tidak sedap yang menempel pada tubuh. Karena itu, Anda harus mandi secara teratur dan mengeringkan diri.

6. Jarang ganti baju
Selain mandi secara teratur, Anda juga harus sering mengganti pakaian. Padahal, keringat dan kotoran yang menempel di baju seringkali menimbulkan bau badan. Cobalah untuk mengganti pakaian dalam Anda setidaknya sekali sehari. Singkirkan celana dalam yang sudah lama dipakai dan segera ganti dengan yang baru. Bahkan jika Anda mencuci pakaian dalam secara teratur, Anda tetap berisiko menyimpan bakteri penyebab bau.

Berikut 6 cara mencegah bau badan membandel

Berikut 6 cara mencegah bau badan membandel

Berikut 6 cara mencegah bau badan membandel

1. Batasi makanan dan minuman tertentu
Ada banyak cara untuk mencegah bau badan, salah satunya dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memicunya. Makanan seperti bawang, domba, daging sapi dan makanan pedas adalah beberapa pemicu bau badan. Selain itu, minuman berkafein juga bisa menyebabkan bau badan. Hal ini karena kafein dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak keringat. Keringat berlebih pada akhirnya menyebabkan tubuh menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan bahan-bahan tersebut untuk menghilangkan bau badan.

2. Jangan biarkan tubuh berkeringat terlalu lama
Aktivitas berat dan cuaca yang panas membuat tubuh mudah berkeringat. Selain itu, jika Anda rutin mengonsumsi makanan penyebab bau badan. Hal ini memaksa Anda untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan segera membersihkan tubuh jika berkeringat. Siapkan sapu tangan, handuk muka atau handuk kecil untuk mengelap keringat. Dengan cara ini, Anda tidak akan membiarkan bakteri penyebab bau badan berkembang biak di kulit Anda.

3. Ganti pakaian lebih sering
Bau badan sering terjadi akibat malas berganti pakaian, terutama saat berkeringat. Pakaian yang berkeringat membuat tubuh semakin basah. Hal ini kemungkinan akan memicu pertumbuhan berlebih dari bakteri penyebab bau badan. Anda harus lebih sering mengganti pakaian untuk mengurangi risiko bau badan. Pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat agar Anda bisa beraktivitas seharian tanpa merasa gerah. 

4. Cukur bulu ketiak secara teratur
Mencukur bulu ketiak juga baik dilakukan untuk mengatasi bau badan. Ingatlah bahwa bulu ketiak yang tumbuh ke dalam bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Selain itu, mencabuti bulu ketiak juga dapat menghambat penguapan keringat. Karenanya, risiko bau badan meningkat saat keringat mengumpul di sekitar ketiak. Jangan biarkan bau badan membuat Anda kesal. Segera bersihkan bulu ketiak dengan mencukur atau waxing.

5. Gunakan deodoran yang tepat
Penggunaan deodoran dianjurkan untuk memerangi bau badan. Namun, pemilihan deodoran seringkali dilakukan secara asal-asalan tanpa memperhitungkan bahan aktifnya. Inilah mengapa banyak orang yang mengeluh bau badan tidak kunjung berkurang meski sudah menggunakan deodoran. Jika Anda juga mengalami masalah ini, ganti deodoran yang Anda gunakan dengan produk lain yang mengandung aluminium klorida. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah keringat berlebih sehingga area ketiak selalu kering saat beraktivitas. Risiko bau badan akibat keringat berlebih juga bisa diminimalkan.

6. Mandi secara teratur minimal dua kali sehari
Melakukan semua tindakan pencegahan di atas pasti akan sia-sia jika Anda tidak menjaga kebersihan tubuh. Sebab, dari kebersihan tubuhlah sumber yang membuat masalah bau badan bisa teratasi secara efektif. Karena penyebab utama bau badan adalah aktivitas bakteri, tindakan pencegahan yang paling efektif adalah mandi secara teratur minimal dua kali sehari. Jangan lupa untuk memilih sabun antibakteri agar lebih efektif membasmi kuman penyebab bau badan. Setelah mandi, keringkan tubuh Anda dengan handuk hingga benar-benar kering. Mengeringkan badan setelah mandi perlu hati-hati karena badan yang basah bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau badan.

*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

*artikel terkait  cara mengobati asam lambung 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak perlu minum obat apapun, ini cara mudah mengobati asam lambung

6 cara mudah mengobati asam lambung Jakarta, - Asam lambung didefinisikan sebagai naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual dan sakit perut. Asam lambung bisa menyerang siapa saja kapan saja. Penyebabnya mungkin pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti Makan terlalu malam, makanan terlalu pedas, terlalu banyak alkohol dan kopi dan lain-lain. Asam lambung bahkan dapat menyebabkan gejala kronis yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas dan nyeri perut bagian atas dan dada, yang terkadang terasa seperti serangan jantung. Cara mengobati maag yang bisa kalian lakukan :  1. Lakukan diet Dianjurkan untuk makan makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih sedikit, tetapi seringkali secara intensif. Tetapkan kebiasaan makan teratur, hindari makan terlalu larut dan hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit maag. 2. Makan perlahan Dengan makan perlahan, Anda bisa

cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba

“Mengantuk saat bekerja memang wajar, namun bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba. Jakarta – Di tempat kerja, rasa kantuk tidak jarang terjadi. Terutama pada saat-saat rawan, seperti setelah makan siang. Nah, seringkali cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka minum kopi. Tentu saja, mengantuk di tempat kerja dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Selain ditegur atau ditegur oleh atasan Anda, ketiduran dan ketiduran di kantor juga akan mempengaruhi produktivitas Anda dan menyebabkan Anda meleset dari deadline. Jadi, mari kita cari tahu cara menghilangkan rasa kantuk yang efektif di bawah ini. Cara menghilangkan ngantuk di kantor Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi kantuk yang bisa Anda coba saat bekerja di kantor: 1. Minum secangkir kafein Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak or