Langsung ke konten utama

Ketahui 6 cara ampuh mengatasi kulit gatal 

Ketahui 6 cara ampuh mengatasi kulit gatal 

Gatal pada kulit dapat diatasi dengan terlebih dahulu merendam kulit dalam oatmeal dengan air hangat, menggunakan soda kue atau mengonsumsi antihistamin. 

Jakarta - Gatal atau dikenal juga dengan istilah "gatal", bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menghambat aktivitas. Kulit gatal bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab gatal yang umum adalah alergi terhadap serbuk sari tanaman, seperti bau atau poison ivy.

Psoriasis adalah penyakit yang menyebabkan kulit kering bersisik akibat penumpukan sel kulit dan rasa gatal di sekitar kulit yang kering. Selain itu, gatal juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga. Mungkin Anda bingung bagaimana cara merawat kulit yang gatal. Info lengkapnya bisa kamu baca di sini!

Ketahui 6 cara ampuh mengatasi kulit gatal
Ketahui 6 cara ampuh mengatasi kulit gatal 
 Berikut adalah beberapa cara untuk   mengobati berbagai jenis umum dan   penyebab kulit gatal: 

1. Basahi bagian tubuh yang gatal dengan oatmeal
Oat koloid bukanlah oatmeal yang Anda makan untuk sarapan. Oatmeal jenis ini terbuat dari oat gulung yang telah digiling menjadi bubuk yang sangat halus. Produk alami ini digunakan dalam banyak jenis sabun dan emulsi, Anda juga bisa menambahkannya ke dalam bak mandi.

Cara ini juga aman untuk mengatasi gatal karena berbagai penyebab. Anda dapat menemukan oatmeal koloid di toko obat atau kosmetik mana pun. Selain oatmeal koloid, oatmeal yang biasa disantap saat sarapan juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal.

2. Gel Lidah Buaya
Salah satu cara alami untuk mengobati gatal adalah gel lidah buaya atau pendingin mentol untuk sengatan matahari ringan atau gigitan nyamuk. Aloe Vera Gel memiliki efek mendinginkan. 

3. Oleskan pelembab kulit
Pelembab seperti krim dan losion dapat membantu menjaga lapisan luar kulit tetap terhidrasi. Hidrasi sangat penting saat merawat kondisi kulit yang menyebabkan gatal dan kekeringan. Pilih pelembap yang mengandung emolien. Pelembap sebaiknya digunakan setelah mandi. 

4. Soda kue
Soda kue memiliki sifat antijamur dan merupakan pengobatan yang efektif untuk berbagai penyakit kulit akibat jamur. Soda kue sering digunakan terutama untuk mengobati kulit gatal.

Tuang 1/4 cangkir baking powder ke dalam bak berisi air panas. Atau Anda juga bisa membuat baking soda menjadi pasta dengan sedikit air. Kemudian oleskan langsung ke area yang gatal.

5. Minum antihistamin
Histamin adalah zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi, termasuk gatal. Antihistamin sering digunakan untuk mengobati reaksi alergi. Namun, sebagian besar antihistamin menyebabkan kantuk sebagai efek samping. Karena itu, yang terbaik adalah menggunakan obat sebelum tidur.

6. Oleskan krim hidrokortison
Krim anti-gatal adalah cara umum lainnya untuk menenangkan kulit yang gatal. Pilih krim antigatal yang mengandung setidaknya 1 persen hidrokortison. Obat-obatan ini menghambat respons inflamasi tubuh dan dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan gatal. Krim ini sebaiknya digunakan sesingkat mungkin dan dihentikan setelah sembuh.

Cara lain yang tak kalah penting untuk menghentikan rasa gatal adalah berhenti menggaruk. Hal ini karena garukan tidak menyelesaikan masalah, bahkan dapat merobek kulit sehingga menghambat penyembuhan dan menyebabkan peradangan. Daripada menggaruk kulit, kenakan pakaian yang nyaman dan tidak mengiritasi kulit. Selain itu, potong kuku Anda secara teratur. 


*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

*artikel terkait  cara mengobati asam lambung 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak perlu minum obat apapun, ini cara mudah mengobati asam lambung

6 cara mudah mengobati asam lambung Jakarta, - Asam lambung didefinisikan sebagai naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual dan sakit perut. Asam lambung bisa menyerang siapa saja kapan saja. Penyebabnya mungkin pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti Makan terlalu malam, makanan terlalu pedas, terlalu banyak alkohol dan kopi dan lain-lain. Asam lambung bahkan dapat menyebabkan gejala kronis yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas dan nyeri perut bagian atas dan dada, yang terkadang terasa seperti serangan jantung. Cara mengobati maag yang bisa kalian lakukan :  1. Lakukan diet Dianjurkan untuk makan makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih sedikit, tetapi seringkali secara intensif. Tetapkan kebiasaan makan teratur, hindari makan terlalu larut dan hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit maag. 2. Makan perlahan Dengan makan perlahan, Anda bisa

6 cara mencegah bau badan membandel

6 cara mencegah bau badan membandel 6 cara mencegah bau badan membandel Bau badan adalah masalah kulit umum yang dihadapi banyak orang. Sayangnya, bau badan tidak hanya berbahaya bagi orang yang menciumnya, tetapi juga dapat mengganggu orang di sekitarnya. Banyak orang tidak menyadari mereka memiliki masalah bau badan. Faktanya, kebanyakan orang baru menyadari masalah ini setelah diberitahu oleh orang lain. Penting untuk mengenali penyebab bau badan sejak dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 1. Tubuh terlalu gemuk Orang gemuk memiliki risiko masalah bau badan lebih tinggi dibandingkan orang kurus. Hal ini karena lemak menumpuk di dalam tubuh, membentuk lesung pipit yang mudah berkeringat, menimbulkan panas, lembab, dan sulit dibersihkan. Selain itu, bagian tubuh yang tersusun dari lemak yang menumpuk juga berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Untuk menghindari penyebab tunggal bau badan ini, penderita obesitas sebaiknya lebih sering membersihkan badan da

cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba

“Mengantuk saat bekerja memang wajar, namun bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba. Jakarta – Di tempat kerja, rasa kantuk tidak jarang terjadi. Terutama pada saat-saat rawan, seperti setelah makan siang. Nah, seringkali cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka minum kopi. Tentu saja, mengantuk di tempat kerja dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Selain ditegur atau ditegur oleh atasan Anda, ketiduran dan ketiduran di kantor juga akan mempengaruhi produktivitas Anda dan menyebabkan Anda meleset dari deadline. Jadi, mari kita cari tahu cara menghilangkan rasa kantuk yang efektif di bawah ini. Cara menghilangkan ngantuk di kantor Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi kantuk yang bisa Anda coba saat bekerja di kantor: 1. Minum secangkir kafein Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak or