Langsung ke konten utama

Kenali 7 penyebab kolesterol tinggi dan gejalanya

Kenali 7 penyebab kolesterol tinggi dan gejalanya 

Jakarta - Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana kadar kolesterol darah melebihi batas normal. Jika tidak dikontrol, kelebihan kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah dan membuat Anda berisiko terkena penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa penyebab kolesterol tinggi dan gejalanya.

Kolesterol berasal dari dua sumber, yaitu makanan dan hati. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan banyak fungsi tubuh. Kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL).

LDL bekerja dengan menumpuk kolesterol di pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan komplikasi serius. Inilah mengapa kolesterol jenis ini sering disebut kolesterol "jahat". HDL bertugas membersihkan LDL dan mengangkutnya ke hati (liver). Lihat di bawah untuk penyebab dan gejala kolesterol tinggi. Penyebab kolesterol tinggi

Banyak orang mengira bahwa kolesterol tinggi hanya terjadi pada orang tua. Nyatanya, dewasa muda yang hidup buruk, mis. B. tidak peduli dengan pola makannya, sangat rentan terhadap penyakit ini.

Kenali 7 penyebab kolesterol tinggi dan gejalanya
Kenali 7 penyebab kolesterol tinggi dan gejalanya 
Dikutip dari website Kementerian Kesehatan RI, berikut beberapa penyebab kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

1. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat (tinggi lemak jenuh) mis. B. kuning telur, mentega, kerupuk, keju, krim atau santan. 
2. Kurang olahraga atau aktivitas.
3. Kebiasaan merokok.
4. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
5. Kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi atau tinggi, diabetes, tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit hati, dan penyakit ginjal, Penuaan.
Dengan bertambahnya usia, risiko kadar kolesterol tinggi yang memicu arteriosklerosis juga meningkat. 


Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun, penumpukan plak di beberapa bagian tubuh yang disebabkan oleh kolesterol dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

1. Rasa kantuk ringan
Sering menguap disebabkan oleh berkurangnya pasokan oksigen ke otak. Jika frekuensi menguap tidak wajar, patut dicurigai, karena kondisi ini bisa disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang tinggi. Akibatnya suplai oksigen ke otak tidak maksimal.

2. Menyengat
Kesemutan di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya merupakan gejala peredaran darah yang buruk. Akibatnya, ada saraf yang tidak optimal disuplai darah. Keadaan peredaran darah yang tidak merata, bisa disebabkan oleh kolesterol. 
3. Nyeri pada leher atau bahu
Nyeri leher atau bahu dapat disebabkan oleh kekurangan oksigen dan aliran darah akibat penumpukan kolesterol. Menang segera jadi tidak berkelanjutan.

4. sakit kaki
Nyeri kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi, yang disebabkan oleh penyumbatan aliran arteri, yang menghambat aliran darah ke kaki. 5. Xanthelasma
Yakni endapan kolesterol yang terletak di bawah jaringan kulit. Jika hal ini terjadi, Anda biasanya akan melihat bercak kuning pucat di ujung kelopak mata atau benjolan kecil di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

6. Hati berlemak
Saat hati terisi banyak lemak, muncul keluhan berupa rasa tidak enak badan, bengkak bahkan mual. Kondisi seperti itu bisa meningkatkan risiko sirosis atau bahkan kanker hati.

7. Gejala stroke
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di otak tersumbat karena kekurangan oksigen dan suplai darah. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami gejala kelemahan pada satu sisi tubuh, hingga sakit kepala hebat.

8 kram
Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di berbagai bagian tubuh seperti tumit, telapak kaki dan lain-lain. Kondisi ini bisa terjadi pada malam hari saat Anda bangun dari tidur. Rasa sakit hilang ketika tubuh digerakkan.

9. Nyeri dada
Nyeri dada bisa menjadi tanda komplikasi dari kolesterol tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya plak di dinding arteri, sehingga menghambat aliran darah yang tepat ke jantung.

10. Disfungsi ereksi
Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi tidak hanya menyebabkan nyeri dada tapi juga disfungsi ereksi. Kondisi ini disebabkan oleh plak yang menghalangi aliran darah ke penis. 


*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

*artikel terkait  cara mengobati asam lambung 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak perlu minum obat apapun, ini cara mudah mengobati asam lambung

6 cara mudah mengobati asam lambung Jakarta, - Asam lambung didefinisikan sebagai naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual dan sakit perut. Asam lambung bisa menyerang siapa saja kapan saja. Penyebabnya mungkin pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti Makan terlalu malam, makanan terlalu pedas, terlalu banyak alkohol dan kopi dan lain-lain. Asam lambung bahkan dapat menyebabkan gejala kronis yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas dan nyeri perut bagian atas dan dada, yang terkadang terasa seperti serangan jantung. Cara mengobati maag yang bisa kalian lakukan :  1. Lakukan diet Dianjurkan untuk makan makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih sedikit, tetapi seringkali secara intensif. Tetapkan kebiasaan makan teratur, hindari makan terlalu larut dan hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit maag. 2. Makan perlahan Dengan makan perlahan, Anda bisa

6 cara mencegah bau badan membandel

6 cara mencegah bau badan membandel 6 cara mencegah bau badan membandel Bau badan adalah masalah kulit umum yang dihadapi banyak orang. Sayangnya, bau badan tidak hanya berbahaya bagi orang yang menciumnya, tetapi juga dapat mengganggu orang di sekitarnya. Banyak orang tidak menyadari mereka memiliki masalah bau badan. Faktanya, kebanyakan orang baru menyadari masalah ini setelah diberitahu oleh orang lain. Penting untuk mengenali penyebab bau badan sejak dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 1. Tubuh terlalu gemuk Orang gemuk memiliki risiko masalah bau badan lebih tinggi dibandingkan orang kurus. Hal ini karena lemak menumpuk di dalam tubuh, membentuk lesung pipit yang mudah berkeringat, menimbulkan panas, lembab, dan sulit dibersihkan. Selain itu, bagian tubuh yang tersusun dari lemak yang menumpuk juga berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Untuk menghindari penyebab tunggal bau badan ini, penderita obesitas sebaiknya lebih sering membersihkan badan da

cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba

“Mengantuk saat bekerja memang wajar, namun bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba. Jakarta – Di tempat kerja, rasa kantuk tidak jarang terjadi. Terutama pada saat-saat rawan, seperti setelah makan siang. Nah, seringkali cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka minum kopi. Tentu saja, mengantuk di tempat kerja dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Selain ditegur atau ditegur oleh atasan Anda, ketiduran dan ketiduran di kantor juga akan mempengaruhi produktivitas Anda dan menyebabkan Anda meleset dari deadline. Jadi, mari kita cari tahu cara menghilangkan rasa kantuk yang efektif di bawah ini. Cara menghilangkan ngantuk di kantor Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi kantuk yang bisa Anda coba saat bekerja di kantor: 1. Minum secangkir kafein Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak or