Langsung ke konten utama

Cara Mengobati jerawat secara medis dengan benar

Cara Mengobati jerawat secara medis dengan benar

Mengetahui cara merawat jerawat dengan benar sesuai anjuran medis dapat menentukan seberapa cepat jerawat sembuh.
Kesalahan dalam perawatan jerawat dapat mengakibatkan wajah penuh nanah, abses, noda atau flek, bahkan infeksi serius yang memerlukan rawat inap.
Oleh karena itu, perawatan jerawat tidak harus berantakan agar bekasnya hilang. Karena jerawat merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkaitan.
Teman-teman, mari simak cara mengobati jerawat pada artikel berikut ini.

Kenali faktor penyebab jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar sebaceous.
Jerawat biasanya muncul di wajah, leher, dada bagian atas, punggung, dan lengan atas. Kondisi ini sering dialami oleh remaja dan terkadang oleh orang dewasa. Munculnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:
1. Faktor genetik atau keturunan
2. Faktor Hormonal Hormon yang berperan dalam munculnya jerawat adalah hormon androgenik. Oleh karena itu, jerawat sering menyerang remaja yang aktivitas hormonalnya mulai aktif, serta sebelum dan sesudah menstruasi.
3. Produk kosmetik, terutama yang banyak mengandung lemak, seperti moisturizer atau pelembab, krim malam dan foundation, serta penggunaan scrub seringkali menyebabkan gangguan ini.
4. Makanan kaya lemak seperti kacang-kacangan, coklat, mentega, keju, gorengan, daging kambing, babi, makanan kaya bumbu seperti sambal, makanan berbahan santan dan durian, mangga, alpukat, nangka, dll.
5. Kebersihan wajah yang buruk
6. kurang tidur atau istirahat
7. Stres, khawatir, cemas, terlalu khawatir.
8. Menoleransi buang air besar
9. Sering memegang, memencet atau memijat jerawat. Semakin Anda pegang atau tekan, semakin besar jerawatnya, semakin parah dan bisa meninggalkan goresan yang sangat buruk berupa jerawat atau keloid.
10. Menggosok rambut atau penggunaan handuk secara kasar.
Tidak semua faktor ini dapat langsung dihilangkan dalam waktu singkat, dan tidak semua faktor ini dapat dihilangkan seluruhnya. Oleh karena itu, pengobatan jerawat tidak mencapai hasil maksimal dalam waktu singkat dan berkelanjutan.

Mengatasi Jerawat dengan Benar

Saat jerawat muncul, temen temen bisa melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa panduan untuk perawatan jerawat yang tepat:
1. Cuci muka Anda secara teratur
Hal pertama yang harus temen temen  lakukan untuk mencegah dan mengalahkan jerawat adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah secara rutin.

2. Meski jerawat sudah sembuh, Sahabat MIKA tetap perlu melakukan perawatan pembersihan wajah yang benar dan berkesinambungan.

3. hindari pemencet jerawat
Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa Anda menghindari semua faktor penyebab jerawat. Untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat, Sobat MIKA tidak boleh memegang, memencet atau menggosok jerawat. Jika tindakan tersebut dilakukan, hal ini memicu terjadinya infeksi sekunder yang seringkali menimbulkan komplikasi seperti kulit dan flek, bopeng atau keloid.

4. Kurangi penggunaan produk perawatan kulit berminyak
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab jerawat adalah kosmetik atau produk perawatan kulit yang tinggi lemak.

Makanya Prof. Dr dr Maya Devita L, SpKK menyarankan cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah dengan mengurangi atau menghindari penggunaan produk perawatan kulit berminyak atau kosmetik. Biasanya kandungan lemak ini terdapat pada moisturizer atau pelembab, krim siang, krim malam, foundation, krim pembersih. Ini menyebabkan pori-pori tersumbat. MIKA lovers juga tidak menganjurkan penggunaan scrub terlalu sering, karena dapat merusak kulit wajah dan memudahkan munculnya infeksi sekunder penyebab jerawat.

5. Cuci muka dengan benar
Ada beberapa aturan dalam membersihkan wajah agar terhindar dari risiko jerawat, di antaranya menghindari penggunaan sabun antiseptik atau obat. Pada umumnya sabun ini sering menyebabkan iritasi pada kulit
Selain itu, temen-temen juga tidak disarankan untuk membersihkan atau membasuh muka dengan air panas.
6. Gunakan obat jerawat
Jika jerawat ternyata menyebabkan jerawat, Sobat MIKA bisa membeli obat jerawat oles atau obat anjuran dokter di apotik.
Jika cara pengobatan jerawat inipun tidak berhasil, chemical peel dapat dilakukan oleh dokter spesialis kesehatan kulit dan kelamin yang berpengalaman.

7. Konsultasikan dengan spesialis perawatan kulit 
Banyak kasus jerawat yang merusak kulit di wajah seperti : B. Flek atau flek dan flek atau flek yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak benar. Di antara perawatan jerawat di atas, cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan mengunjungi dokter kulit.

Dokter melakukan prosedur untuk membuka sumbatan kelenjar minyak, seperti B. Pemberian obat-obatan yang dapat mengeksfoliasi kulit kotor.
Proses pengelupasan ini dirancang untuk mengangkat sel kulit mati untuk mengungkapkan kelenjar sebaceous yang merupakan penyebab utama jerawat, serta menghilangkan kusam pada wajah agar wajah tetap bersih dan cerah.

Proses pengelupasan ini tidak selalu mengakibatkan penipisan kulit bila dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kesehatan kulit. Apakah Anda tertarik dengan tips tentang cara mengalahkan dan menghilangkan jerawat? Temui spesialis kesehatan kulit di berbagai dokter di seluruh indonesia

Semoga informasi ini bermanfaat!

*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

*artikel terkait  cara mengobati asam lambung 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak perlu minum obat apapun, ini cara mudah mengobati asam lambung

6 cara mudah mengobati asam lambung Jakarta, - Asam lambung didefinisikan sebagai naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual dan sakit perut. Asam lambung bisa menyerang siapa saja kapan saja. Penyebabnya mungkin pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti Makan terlalu malam, makanan terlalu pedas, terlalu banyak alkohol dan kopi dan lain-lain. Asam lambung bahkan dapat menyebabkan gejala kronis yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas dan nyeri perut bagian atas dan dada, yang terkadang terasa seperti serangan jantung. Cara mengobati maag yang bisa kalian lakukan :  1. Lakukan diet Dianjurkan untuk makan makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih sedikit, tetapi seringkali secara intensif. Tetapkan kebiasaan makan teratur, hindari makan terlalu larut dan hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit maag. 2. Makan perlahan Dengan makan perlahan, Anda bisa

6 cara mencegah bau badan membandel

6 cara mencegah bau badan membandel 6 cara mencegah bau badan membandel Bau badan adalah masalah kulit umum yang dihadapi banyak orang. Sayangnya, bau badan tidak hanya berbahaya bagi orang yang menciumnya, tetapi juga dapat mengganggu orang di sekitarnya. Banyak orang tidak menyadari mereka memiliki masalah bau badan. Faktanya, kebanyakan orang baru menyadari masalah ini setelah diberitahu oleh orang lain. Penting untuk mengenali penyebab bau badan sejak dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 1. Tubuh terlalu gemuk Orang gemuk memiliki risiko masalah bau badan lebih tinggi dibandingkan orang kurus. Hal ini karena lemak menumpuk di dalam tubuh, membentuk lesung pipit yang mudah berkeringat, menimbulkan panas, lembab, dan sulit dibersihkan. Selain itu, bagian tubuh yang tersusun dari lemak yang menumpuk juga berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Untuk menghindari penyebab tunggal bau badan ini, penderita obesitas sebaiknya lebih sering membersihkan badan da

cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba

“Mengantuk saat bekerja memang wajar, namun bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba. Jakarta – Di tempat kerja, rasa kantuk tidak jarang terjadi. Terutama pada saat-saat rawan, seperti setelah makan siang. Nah, seringkali cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka minum kopi. Tentu saja, mengantuk di tempat kerja dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Selain ditegur atau ditegur oleh atasan Anda, ketiduran dan ketiduran di kantor juga akan mempengaruhi produktivitas Anda dan menyebabkan Anda meleset dari deadline. Jadi, mari kita cari tahu cara menghilangkan rasa kantuk yang efektif di bawah ini. Cara menghilangkan ngantuk di kantor Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi kantuk yang bisa Anda coba saat bekerja di kantor: 1. Minum secangkir kafein Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak or