Langsung ke konten utama

5 cara mengatasi flu secara alami

5 cara mengatasi flu secara alami

Ada beberapa cara mengobati pilek secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Pilek atau pilek adalah masalah kesehatan yang umum. Penyakit-penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari segala usia.

Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan pilek. Namun, penyebab pilek yang paling umum adalah infeksi virus, seperti B. pilek atau flu. Dalam kasus lain, pilek dapat disebabkan oleh alergi, demam, polip hidung, perubahan hormonal atau alasan lainnya.
Cara Mengobati flu Pilek
seringkali dapat disembuhkan tanpa obat. Berikut beberapa cara untuk mengobati flu :
5 cara mengatasi flu secara alami
1. Minum banyak air
Dilansir dari Healthline, banyak minum air putih atau tetap terhidrasi selama pengobatan flu dianggap dapat membantu meredakan gejala, terutama jika seseorang juga memiliki kondisi seperti hidung tersumbat. Tindakan ini diduga membuat lendir di sinus lebih encer konsistensinya sehingga lebih mudah dikeluarkan. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, lendir bisa menjadi kental dan lengket, yang bisa membuat hidung Anda semakin tersumbat. Hindari minuman yang lebih membuat dehidrasi daripada menghidrasi. Ini termasuk minuman seperti kopi dan minuman beralkohol.

2. Minum teh panas
Minuman panas, seperti teh seduh, bisa lebih bermanfaat daripada minuman dingin dalam mengobati flu. Hal ini karena panas dan uap teh panas dapat membantu membuka dan mengendurkan saluran napas Anda. Beberapa teh herbal mungkin mengandung herbal yang memiliki efek dekongestan ringan. Carilah teh yang mengandung herba antiperadangan dan antihistamin seperti kamomil, jahe, pepermin, atau jelatang. Ambil secangkir teh herbal panas (sebaiknya tanpa kafein) dan hirup uapnya sebelum diminum. Sakit tenggorokan sering dikaitkan dengan masuk angin, dan minum teh herbal hangat juga dapat membantu meredakan nyeri.
5 cara mengatasi flu secara alami
3. Paparan uap ke wajah
Menghirup uap panas terbukti membantu mengobati rinitis. Sebuah studi tahun 2015 terhadap penderita flu, yang diterbitkan dalam IOSR Journal of Dental and Medical Sciences, menunjukkan bahwa menghirup uap cukup efektif untuk gejala terkait rinitis. Menghirup uapnya dapat mempersingkat waktu pemulihan sekitar satu minggu dibandingkan dengan tidak menghirup uapnya.
Alih-alih menghirup uap dari secangkir teh panas, cobalah menguapi wajah Anda. Karena itu:


1. Panaskan air bersih dalam panci bersih di atas kompor
2. Panaskan secukupnya untuk menghasilkan uap. Ingat, jangan sampai airnya mendidih
3. Tempatkan wajah Anda di atas uap selama 20-30 menit setiap kali
4. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung
5. Beristirahatlah jika wajah terasa terlalu panas
6. Kemudian dorong udara keluar dari hidung untuk mengeluarkan lendir

Dengan cara mengobati pilek ini, beberapa tetes minyak esensial dekongestan dapat ditambahkan ke dalam air. Eucalyptus, peppermint, pine, rosemary, sage, peppermint, tea tree (Melaleuca), dan thyme adalah minyak esensial yang baik digunakan untuk mengobati flu biasa. Senyawa dari tanaman ini (seperti mentol dan timol) juga ditemukan di banyak dekongestan yang dijual bebas.

4. Mandi air panas
Perlu bantuan cepat untuk flu? Cobalah mandi air panas. Sama seperti meminum teh panas atau mengukus wajah, mandi air panas dikatakan dapat membantu meredakan pilek dan hidung tersumbat. Beristirahat di sumber air panas secara alami menyebabkan seseorang menghirup uap panas dan mengendurkan otot-otot tubuh.

5. Makan makanan pedas
Makanan pedas dapat memperparah pilek. Namun, jika seseorang juga mengalami gejala hidung tersumbat, makan makanan pedas bisa membantu. Jika orang tersebut tidak terbiasa dengan rasa pedas, cobalah bumbu yang sedikit pedas terlebih dahulu untuk melihat apakah dapat membantu meredakan gejala. Bumbu pedas seperti cabai rawit, lada hantu, habanero, wasabi, atau jahe adalah pilihan yang baik untuk hidung meler dan tersumbat. Rempah ini tidak hanya menimbulkan sensasi terbakar saat dikonsumsi, tetapi juga dapat melebarkan saluran tubuh dan meredakan masalah sinus.


*BACA JUGA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
*BACA JUGA INFO LAINNYA DI GOOGLE TRENDS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak perlu minum obat apapun, ini cara mudah mengobati asam lambung

6 cara mudah mengobati asam lambung Jakarta, - Asam lambung didefinisikan sebagai naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual dan sakit perut. Asam lambung bisa menyerang siapa saja kapan saja. Penyebabnya mungkin pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti Makan terlalu malam, makanan terlalu pedas, terlalu banyak alkohol dan kopi dan lain-lain. Asam lambung bahkan dapat menyebabkan gejala kronis yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala GERD yang paling umum adalah mulas dan nyeri perut bagian atas dan dada, yang terkadang terasa seperti serangan jantung. Cara mengobati maag yang bisa kalian lakukan :  1. Lakukan diet Dianjurkan untuk makan makanan dalam jumlah atau porsi yang lebih sedikit, tetapi seringkali secara intensif. Tetapkan kebiasaan makan teratur, hindari makan terlalu larut dan hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit maag. 2. Makan perlahan Dengan makan perlahan, Anda bisa

6 cara mencegah bau badan membandel

6 cara mencegah bau badan membandel 6 cara mencegah bau badan membandel Bau badan adalah masalah kulit umum yang dihadapi banyak orang. Sayangnya, bau badan tidak hanya berbahaya bagi orang yang menciumnya, tetapi juga dapat mengganggu orang di sekitarnya. Banyak orang tidak menyadari mereka memiliki masalah bau badan. Faktanya, kebanyakan orang baru menyadari masalah ini setelah diberitahu oleh orang lain. Penting untuk mengenali penyebab bau badan sejak dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 1. Tubuh terlalu gemuk Orang gemuk memiliki risiko masalah bau badan lebih tinggi dibandingkan orang kurus. Hal ini karena lemak menumpuk di dalam tubuh, membentuk lesung pipit yang mudah berkeringat, menimbulkan panas, lembab, dan sulit dibersihkan. Selain itu, bagian tubuh yang tersusun dari lemak yang menumpuk juga berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Untuk menghindari penyebab tunggal bau badan ini, penderita obesitas sebaiknya lebih sering membersihkan badan da

cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba

“Mengantuk saat bekerja memang wajar, namun bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk yang bisa Anda coba. Jakarta – Di tempat kerja, rasa kantuk tidak jarang terjadi. Terutama pada saat-saat rawan, seperti setelah makan siang. Nah, seringkali cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka minum kopi. Tentu saja, mengantuk di tempat kerja dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Selain ditegur atau ditegur oleh atasan Anda, ketiduran dan ketiduran di kantor juga akan mempengaruhi produktivitas Anda dan menyebabkan Anda meleset dari deadline. Jadi, mari kita cari tahu cara menghilangkan rasa kantuk yang efektif di bawah ini. Cara menghilangkan ngantuk di kantor Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi kantuk yang bisa Anda coba saat bekerja di kantor: 1. Minum secangkir kafein Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak or